Infeksi Bakteri pada iguana


Salah satu penyakit yg mudah menyerang Iguana - Infeksi Bakteri

Ada beberapa jenis infeksi bakteri yang dapat membahayakan iguana.
Salah satu penyebabnya adalah tidak sempurnanya shedding/ganti kulit pada jari-jari iguana,sehingga muncul penggumpalan darah di jari-jari tersebut

Jika iguana terus menerus terpapar lingkungan yang lembab dan kotor, hal ini mungkin akan memicu lepuhan/bengkak pada kulit.

Kurangnya kebersihan kandang dapat menyebabkan gangren pada jari kaki dan kuku. Daerah yang terkena infeksi kemudian menjadi abu-abu gelap atau hitam dan mulai pecah-pecah.



Foto diatas terlihat jari kaki iguana bengkak, lalu kaki infeksi, lama kelamaan berubah menjadi hitam, dan jari iguana putus dengan sendirinya

Infeksi juga dapat menyerang mulut iguana. Penyakit ini biasanya ditandai dengan peradangan dan nanah di mulut.

obatnya (admin blm pernah coba obatin)
ada yg pny pgalaman katanya diolesin minyak tawon,..

ada jg saran
Bersihkan luka dengan antiseptik Betadin 1% atau larutan rivanol. Kalau terjadi abses, bersihkan nanahnya dan oleskan salep (penisilin, gentamisin, atau neomisin) atau taburkan bedak sulfanilamide. Suntikkan antibiotika sistemik (Ampisilin, dosis 20 mg/kg berat badan) sekali sehari selama 5—7 hari. Salep perlu ditambahkan konservan minyak (ointment) agar tahan lama melekat. Berikan juga suntikan vitamin A (2.000 lU/kg berat badan) dan vitamin e (20 mg/kg berat badan) 1—2 kali seminggu.

Photo by Admin

0 Response to "Infeksi Bakteri pada iguana"

Post a Comment